Mulai Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business

66

Mengunduh dan menyetel aplikasi WhatsApp Business

1. Unduh lalu buka aplikasi WhatsApp Business: Aplikasi WhatsApp Business dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama telepon Anda.

2. Tinjau Ketentuan Layanan: Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business, lalu ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.

3. Daftar nomor telepon: Pilih negara dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara, lalu masukkan nomor telepon Anda dalam format nomor telepon internasional. Ketuk Selesai atau LANJUT, lalu ketuk OKE untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang Anda terima. Pelajari cara mendaftarkan nomor telepon Anda di artikel ini.

4. Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dari buku alamat telepon Anda dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Anda juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon Anda.

5. Buat akun: Masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.

6. Buat profil bisnis Anda: Ketuk LIHAT > Profil bisnis. Di sini Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain-lain.

7. Mulai chat. Profil bisnis Anda sekarang telah disetel. Ketuk atau lalu cari atau pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan. Kemudian ketik pesan di bidang teks lalu ketuk atau .

Mempelajari Fitur-Fitur Aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda menjalankan bisnis secara efisien. Untuk mempelajari fitur-fitur ini, buka layar chat. Ketuk Opsi lainnya pada Android atau Pengaturan pada iPhone lalu ketuk Fitur bisnis.

Katalog: Tampilkan dan bagikan informasi produk dan layanan melalui akun bisnis Anda. Pelajari cara membuat katalog pada Android atau iPhone.

• Tautan pendek: Mempermudah pelanggan baru untuk terhubung dengan Anda. Bagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis untuk memungkinkan mereka mengirim pesan ke bisnis Anda. Pelajari cara menggunakan tautan pendek pada Android atau iPhone.

• Fitur perpesanan: Gunakan templat perpesanan WhatsApp untuk membuat percakapan penting dari awal. Buat salam yang dikirim secara otomatis untuk berinteraksi dengan pelanggan baru. Setel pesan di luar jam kerja untuk memberi tahu pelanggan kapan Anda dapat merespons pesan mereka atau buat balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan. Untuk informasi selengkapnya mengenai fitur perpesanan, silakan baca artikel berikut ini:

– Cara menggunakan salam pada Android atau iPhone
– Cara menggunakan pesan di luar jam kerja pada Android atau iPhone
– Cara menggunakan balas cepat pada Android atau iPhone

• Label: Sortir percakapan dengan pelanggan ke dalam kategori yang dapat membantu Anda, seperti “Pelanggan baru” atau “Pesanan dalam proses”. Pelajari cara menggunakan label pada Android atau iPhone.